-->

Produksi padi Masyarakat Desa Purbaganda Kab. Simalungun Meningkat

Hasil poduksi padi meningkat, masyarakat Nagori Purba Ganda Kecamatan Pematang Bandar syukuran dan bersih desa sekaligus melakukan tepung tawar benih tanaman yang akan ditanam atau disemai pada musim tanam mendatang, Senin baru-baru ini. Acara tersebut dirangkai dengan pelantikan pengurus Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) nagori se-Kecamatan Pematang Bandar.

Menurut Sudarto Kismo Ketua panitia dalam sambutannya, bahwa acara dilaksanakan sebagai wujud syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena produksi pertanian meningkat di banding tahun-tahun sebelumnya dengan rata-rata 2 ton per Ha. Peningkatan juga tak terlepas dari peran pemerintah Kabupaten Simalungun yang telah peduli terhadap pertanian dan banyak memberikan masukan kepada para petani tetang perkembangan pertanian.



Dikatakan, acara penepung tawaran kepada bebih atau bibit tanaman yang akan disemai atau di tanam merupakan tradisi masyarakat yang dilakukan secara turun-temurun dan bertujuan untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT agar benih atau bibit tanaman yang akan ditanam menjadi tanaman yang baik dan produksinya meningkat sehingga masyarakat meningkatkan kesejahteraannya.
Bupati Simalungun Drs T Zulkarnain Damanik MM dalam arahannya mengatakan, sangat bersyukur kepada masyarakat petani yang telah berperan serta terhadap kemajuan pertanian. “Walaupun kegiatan ini tradisi masyarakat namun Pemkab sangat bangga kepada masyarakat karena mereka melakukan acara ritual sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pertanian mereka berhasil”, ujarnya.
Dikatakan, pada tahun 2009 yang lalu produksi pertanian di daerah ini cukup baik bahkan mengalami peningkatan dari 48,73 kwintal menjadi 54,86 kwintal per Ha atau 12,5%. Peningkatan ini tidak terlepas dari hasil kerja keras masyarakat petani dengan bersama elemen pendukung lainnya dan pada tahun 2009 yang lalu Kab. Simalungun surplus beras berkisar 163.676 ton.
Selanjutnya Bupati mengatakan bahwa Nagori Purba Ganda ini telah membawa nama baik Kabupaten Simalungun di tingkat nasional melalui kinerja P3A yang telah berprestasi di tingkat nasional. Karena P3A di nagori sangat berperan untuk melakukan pengaturan air sampai ke petak-petak sawah, hal inilah salah satu faktor keberhasilan pertanian di daerah ini.
Bupati juga mejelaskan bahwa tahun 2009 lalu Pemkab juga telah memfasilitasi bantuan benih seluas 13.500 Ha yang dikelola oleh 540 kelompok tani dan untuk tahun 2010 ini, Pemkab juga akan membantu beni padi kepada petani untuk areal tanam seluas 12.750 Ha.
Selain itu, Bupati mengatakan, keberhasilan ini harus terus kita tingkatkan dan sebagai upaya, Pemkab telah menugaskan penyuluh pertanian antara 1 sampai 2 orang petugas penyuluh setiap nagori. Pemkab juga berupaya menyediakan benih-benih unggul yang bekerjasama dengan BPTP Sumut untuk mencapai hasil yang lebih tinggi. (BS/i)

Sumber




Related Posts










0 comments: